Sabtu, 01 Februari 2014

Kenapa Mahasiswa Bisa Telat Lulus?

11 comments
Sabtu, 1 Februari 2014

Kalian boleh bertanya kenapa di Jakarta bentar-bentar banjir, kalian juga boleh bertanya kenapa bulu ketek itu teksturnya keriting bukan lurus. Tapi ada satu pertanyaan yang sakral yang nggak boleh kalian tanyakan sama Mahasiswa. Yaitu "Kapan Lulus?"


Kapan Lulus, kal?


Siapa sih yang nggak pingin lulus? Aku rasa semua Mahasiswa pasti pingin lulus. Cuman untuk bisa lulus itu nggak semudah kita nguap dikala ngantuk. Yang pastinya butuh perjuangan yang ekstra ditambah dengan dorongan yang kuat dari doa.

Banyak Mahasiswa yang telat lulus. Ada yang jenggotnya udah berwarna putih baru dia bisa lulus. Ada juga yang sampai bulu hidungnya itu udah tersambung dengan bulu dada sangking lamanya lulus. Pokoknya macam-macam deh. Nah aku mau ngebahas beberapa faktor kenapa Mahasiswa lulusnya lama.


1. Salah Masuk Jurusan

Banyak kali aku nemuin orang-orang yang semacam ini. Misalkan dulunya pas SMK dia merupakan jurusan teknik mesin. Tapi ketika kuliah dia malah masuk ke jurusan sastra memasak. Ada juga yang dulunya SMA jurusan IPS. Tapi pas kuliah dia malah kesasar di kedokteran hewan. 

Penyebabnya banyak. Bisa jadi karena itu merupakan tuntutan dari orang tua. Biasanya sih gitu orang tua seolah-olah yang "mengontrol" kemana kita harus melanjutkan pendidikan meskipun sebenarnya kita nggak suka. Karena disitu bukanlah jiwa kita.


2. Jatuh Cinta Sama Kampusnya

Sangat mencintai kampus. Sangking cintanya dia sampai-sampai nggak rela buat berpisah dengan kampus. Karena yang paling dirinduin dari kampus adalah "kantin"nya. Kalo lulus? itu artinya dia bakalan nggak bisa nongkrong dikantin lagi.


3. Aku Yang Punya Kampus Ini

Karena dia yang punya kampus jadinya bisa semena-mena, selalu menganggap remeh tugas, kerjanya ya cuma nitip absen atau tidur dikelas. Mau lulus kapan terserah dia. Toh yang punya kampus siapa?   


4. Sibuk Berorganisasi

Sebenarnya masuk kedalam Organisasi itu bukanlah sesuatu kesalahan. Malah bagus, karena dengan adanya kita bergabung kedalam suatu Organisasi selain membuat kita menjadi lebih banyak teman, kita juga menjadi Mahasiswa yang aktif. Akan tetapi banyak sekali orang yang nggak bisa membagi waktunya dengan baik. Akibat terlalu sibuk berorganisasi, kuliah jadi terabaikan. Ending nya? Kita bakalan telat lulus.


5. Terlalu Santai

Terlalu lalai atau santai juga merupakan salah satu penyebab kenapa kita bisa telat lulus. Kerjaannya cuma main game online, pacaran, bergadang tiap malam sambil makan indomie mentah yang udah diremukkin, nongkrong diwarkop yang ada wifi nya walaupun minumnya cuma teh hangat tapi duduknya bisa sampai berjam-jam, dan lain-lain. Jadi nggak heran orang yang tipe-tipe seperti ini telat lulusnya.


6. Skripsi

Yup, ini merupakan penyebab utama kenapa Mahasiswa bisa telat lulusnya. Skripsi berperan besar dalam proses penundaan kelulusan Mahasiswa. Banyak kali Mahasiswa yang terhalang lulusnya hanya gara-gara Skripsi ini.


"You know what I mean.." kata Mahasiswa yang udah Veteran 


Kuliah itu merupakan suatu perjuangan yang terlalu lucu kalo diakhiri dengan kata "menyerah". 

Itulah beberapa faktor mengapa Mahasiswa bisa telat lulus versi aku. Kira-kira kalian ada di nomer berapa? atau mungkin ada yang mau menambahkan?. Langsung aja di Comment Box ya biar yang lain bisa baca juga.. :)
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

11 komentar:

  1. Gue punya banyak temen-temen kuliah yang belum lulus-lulus sampe sekarang. Pas gue tanya "Kenapa belum?". Kebanyakan dari mereka bermasalah di "Jurusan" & "Skripsi". :)

    BalasHapus
  2. banyak kali yang ngatain skripsi itu sebagai penghalang kita lulus. ckck..

    BalasHapus
  3. ckckck... Tuhan bersama mahasiswa tingkat akhir :)

    BalasHapus
  4. Skripsi Dan salah jurusan adalah alasan yg tepat saya rasa..

    BalasHapus
  5. Pudja : hahaha.. ammiiinnnnnn :D

    BalasHapus
  6. Aula Andika : bener banget tuh!

    BalasHapus
  7. sampai saat ini menjadi kendala no 6,ya karena skripsi..

    BalasHapus
  8. Gak bs mrnikmati fasilitas gratia dr kampus lg :D *padahal emang thesis blm beres2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ahaha.. parahh..parahh.. uda bisa tobat tuh gan beresin thesis nya biar lulus trus :p

      Hapus
  9. gue karena skripsi, tapi sisi positifnya gue bisa ngulang kuliah2 yg jelek
    http://ketawayuklah.blogspot.com/2014/11/di-waktu-yang-tepat.html?m=1

    BalasHapus